METODE MENGHAFAL ALQUR’AN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIZH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HAMID KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Baihaqi STAI Al Jami Banjarmasin
  • Agus Setiawan UINSI Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.69900/ag.v1i1.14

Keywords:

Metode Menghafal Al-Qur’an, Ekstrakurikuler, PAI.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: bagaimana metode menghafal Alqur’an pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh siswa Madrasah Ibtidaiyah Al-Hamid Kelurahan Alalak Utara Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin. Dan apa-apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal Alqur’an pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru laki-laki yang mengajar pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh yang berjumlah 4 orang dan 22 orang siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfizh. Sedangkan objek penelitian adalah bagaimana penerapan  metode menghafal siswa pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh dan faktor-faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal Alqur’an pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi,wawancara, dan angket. Setelah data diperoleh lalu diadakan editing data, koding, klasifikasi data, tabulating dan interprestasi data. Teknik dalam analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode induktif dalam menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini diketahui : Metode yang digunakan untuk menghafal Al-Qur’an pada kegiatan ekstrakurikuler adalah metode talaqqi. istima’,qiroah, kitabah, tahfizh, dan gabungan. Adapun faktor yang mempengaruhi siswa dalam menghafal Alquran pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh meliputi dua faktor yaitu faktor internal yaitu minat dan motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfizh adalah tinggi, waktu menghafal Al-Qur’an siswa ketika berada di rumah dilakukan setelah shalat fardhu, dengan target  siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tahfizh hafal juz A’mma atau juz 30. Faktor ekternal yaitu guru sering memberikan motivasi dan nasehat kepada siswa untuk menghafal Al-Qur’an termasuk  kategori tinggi. Kondisi lingkungan untuk menghafal Al-Qur’an pada kegiatan ekstrakurikuler tahfizh  sangat mendukung, ditandai dengan dukungan penuh dari orang tua siswa.

References

Abdan Rahim and Agus Setiawan, “Implementasi Nilai-Nilai Karakter Islam Berbasis Pembiasaan Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Batu,” SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education) 7, no. 1 (June 1, 2019): 49–70, https://doi.org/10.21093/sy.v7i1.1715.

Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2007), h. 162

Agus Setiawan and Ahyar Rasyidi, “Contribution of Pondok Pesantren Tahfiz Al-Qur’an in Responding to the Digital Era in South Borneo,” Borneo International Journal of Islamic Studies 2, no. 2 (May 30, 2020): 155–75, https://doi.org/10.21093/bijis.v2i2.2260.

Agus Setiawan, “Guru Berkarakter Di Era Milenial (Perspektif Habib Abdullah Bin Alawi Al-Haddah),” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan 3, no. 2 (December 1, 2019): 311–328, https://doi.org/10.35931/aq.v3i2.181.

Ahsin W. Al-Hafidz, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qu’an, (Jakarta : Bumi Aksara, 2005).

Ahsin W. Al-Hafizh, Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta: Bumi Aksara, 2005).

B. Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, (Jakarta : PT Rineka Cipta, 2009).

Bobby Herwibowo, Tehnik Quantum Rasulullah Fun dan Cepat Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta Selatan: Noura Book, 2014).

Hamid, Kamus Pintar Bahasa Indonesia, (Surabaya: Pustaka Dua).

Hasan Langulung Asas-asas Pendidikan Islam. (Jakarta: PT Al Husna Zikra, 2002).

Hendyat Soetopo dan Wasty Soemanto, Pengantar Operasional Administrasi Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1983).

Mahmud Yunus, Kamus Arab Indonesia, (Jakarta : PT Mahmud Yunus Wa Dzurriyyah, 2010).

Muhammad Ahmad Abdullah, Metode Cepat dan Afektif Menghafal Al-Qur’an Al-Karim, (Jogjakarta: Garailmu, 2009).

Muhammad Nasib Ar-Rifa’i, Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir Jilid 4, (Jakarta: Genma Insani, 2000).

Raghib As-sirjani dan Abdurrahman Abdul Khaliq, Cara Cerdas Hafal Al-Qur’an, (Solo: Aqwam, 2007).

Sa’dulloh, 9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani, 2008).

Syahidin, Menulusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an, (Bandung: Alfabeta, 2009).

Downloads

Published

2024-07-04

How to Cite

METODE MENGHAFAL ALQUR’AN PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIZH SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HAMID KOTA BANJARMASIN. (2024). AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1(1), 56-67. https://doi.org/10.69900/ag.v1i1.14

Similar Articles

1-10 of 29

You may also start an advanced similarity search for this article.