Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka (Literature Review)

Authors

  • Agus Setiawan Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Shofi Syifa’ul Fuadiyah Ahla Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.69900/ag.v2i2.80

Keywords:

Inovasi Kurikulum, Konsep, Pembelajaran

Abstract

Konsep kurikulum merupakan bentuknya kemerdekaan pada berpikir telah di tetapkan oleh pendidik dengan makna bahwa yang menjadi tombak utama ialah pendidik dalam membantu kesuksesan pada pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan konsep model inovasi kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka. Jenis penelitian ini ialah literature review, dengan menggunakan artikel jurnal yang telah dikumpulkan dari kurun waktu 2018-2022. Berdasarkan artikel jurnal yang telah digunakan didapatkan hasil sebagai berikut (a)Berfokus kepada masyarakat, dengan sumber belajar menggunakan buku teks atau masyarakat itu sendiri. Bersikap disiplin dalam kelas ialah kewajiban bersama bukan berasaskan terpaksa. Titik pusat yang utama pada metode mengajar ialah dengan memecahkan masalah agar dapat memenuhi berbagai kebutuhan dari segala pihak. Skema besar pada pembelajaran diantaranya darmawisata, serta narasumber dari survei masyarakat itu. (b) bagian-bagian inovasi dari KTSP diantaranya mengandung penerapan pembelajaran kecakapan hidup, serta mengembangkan diri dari segi karakteristik, dan kebutuhan lainnya.(c) Persiapan pengkajian ialah yang menjadi bagian penting dalam administrasi pembelajaran meliputi silabus, dan RPP. Setelah selesai dalam penyusunan RPP, beralih pada pelaksanaan pembelajaran yang berfokus pada 3 point, yaitu: pendekatan ilmiah yang proses pembelajarannya dilakukan di dalam kelas, pengkajian berdasarkan rencana dan pengkajian berasaskan kasus. Penilaian yang digunakan pada kurikulum 2013 ialah penilaian autentik, berbagai jenis model tes seperti observasi, porto folio; (d) Kebijakan yang utama ialah penyelenggaraan asesemen nasional, kompetensi serta survei karakter, yang mana asesemen di tekankan pada literasi  dan numerasi siswa. Kedua, fasilitas pengkajian yang berasaskan internet of things, augemented reality dan pemakaian artifical intelligence psada pengkajian.

References

Amalia, Mila. “Inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0.” Universitas PGRI Madiun 1, no. 1–6 (2022).

Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Jakarta: Rajawali Press, 2016.

Agira, Selamat. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pasca Pandemi Covid-19”. Sekolah Tinggi Agama Islam Sepakat Segenep (STAISES) KUTACANE Aceh Tenggara. Era Society: jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan pengabdian Kepada Masyarakat. 2, no.2, 2022.

Agus Purwanto, dkk. “Model Kepemimpinan Di Lembaga Pendidikan: A Schematic Literature Review”. (Universitas Pelita Indonesia). Journal of Industrial Engineering & Management Research (JIEMAR), Vol: 3, No. 2, 2020.

Amalia, Mila. “Inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar Di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0”. Universitas Sultan Agung Tirtayasa. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA). Vol. 1, No. 1 – 6, 2022.

Aprilianda, Renaldi, “Pengertian Kurikulum Berbasis Masyarakat”, 2019.

Bulhayat. “Evaluasi Model CIPP Pada Implementasi KTSP Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Jombang”. (Universiti Malaya Malaysia). Jurnal Al-Adabiya, Vol: 14, No. 1, 2019.

Chandrawaty, Khusniyati Masykuroh. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Model Project Based Learning Dalam Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Early Chilhood: Jurnal Pendidikan, Vol:4, No.1. 2020.

Detty Wijayanti, Syafri Anwar, Khairani, Nola Aprilia Sukhaini. “Implementasi Inovasi Pembelajaran Geografi Tingkat SMA dalam Kurikulum 2013”. (Universitas Negeri Padang). Journal on Education, Vol: 4, No: 2, 2022.

Dewi firtriani, dkk. “Inovasi Kurikulum: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK)”. (UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Jurnal Dirosah Islamiyah, Vol: 4, No. 2. 2022. Dan

Dinata, Candra, “Dampak Perubahan Kurikulum Pendidikan”. Diakses 31 Oktober 2022. https://www.candiedu.com/dampak-perubahan-kurikulum-pendidikan

E Triandini, S Jayanta, A Indrawan, G W Putra, B Iswara. “Metode SYSTEMATIC Literature Review Untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia”. (STMIK STIKOM Bali, Denpasar). Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), Vol. 1, No, 2, 2019.

E. Mulyasa, Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013, Jakarta: Rosda Karya, 2013.

Eko Agus Cahyono, Sutomo, Aris Hartomo. “ Literature Review; Panduan Penulisan dan Penyusunan”. (Akademi Keperawatan & STIKES Dian Husada, dan STIKES Bhakti Husada Mulia). Jurnal Keperawatan, Vol. 12, No. 2, 2019.

Emalia dan Farida. “inovasi pendidikan dengan memanfaatkan teknologi digital dalam upaya menyongsongkan era revolusi Industri 4.0”. (Universitas PGRI Palembang). Prosiding seminar nasional pendidikan program pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2019.

Evi Hasim, “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 2020.

Fussalam, Yahfenel Evi, Elmiati. “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (K13) SMP NEGERI 2 SAROLANGUN”. STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. SMP Negeri 2 Sarolangun. Jurnal Muara Pendidikan Vol. 3 No. 1, 2018.

Haryati, Linda Feni. Ashar Pajarungi Anar, Anik Ghufron. “Menjawab Tantangan Era Society 5.0 Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol: 4, No.5, 2022.

Hasim, Evi. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19”. Universitas Negeri Gorontalo. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo. “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar”. Gorontalo, 14 Juli 2020.

https://k-youlia.blogspot.com/2012/10/inovasi-pada-kurikulum-tingkat-satuan.html

https://naikpangkat.com/prinsip-prinsip-pembelajaran-kurikulum-merdeka-dan-impementasinya/

https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49369/pp-no-19-tahun-2005

Hudha, Mohammad Nuril. Aenor Rofek. “PKM PELATIHAN MODEL-MODEL PEMBELAJARAN KURIKULUM K13 DI SD ULIL ALBAB DESA SUMBER KOLAK KECAMATAN PANARUKAN KABUPATEN SITUBONDO”. Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Integritas: Jurnal Pengabdian. Vol. 2 no.2, 2018.

Indarta, Yose. Nizwardi Jalinus. Waskito. Agariadne Dwinggo Samala. Afif Rahman Riyanda. Novi Hendri Adi. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0”. Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia. Universitas Negeri Padang, Universitas Lampung, Universitas Ibnu Sina. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN. Vol. 4, No. 2, 2022.

Inovasi Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, diakses 30 Oktober 2022.

Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka, diakses 2 Oktober 2022. https://grobogan.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-2294942227/3-kelebihan-dan-kekurangan-kurikulum-merdeka

Khadijah Ra, “ inovasi kurikulum 2013”, Jember: IAIN JEMBER, 2019.

Khoirurrijal, dkk. Pengembangan Kurikulum Merdeka, Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2022.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2008.

Kurniati, Pat. Andjela Lenora Kelmaskouw, Ahmad Deing, Bonin, Bambang, Agus Haryanto. “Model Proses Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi SiswaDan Guru Abad 21. STKIP Arrahmaniyah Depok. Jurnal Citizenship Virtues,Vol: 2, No.2, 2022.

Kurniawan, Indra. Rahman Abdillah, Andri Rahadyan. “SOSIALISASI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN STEAM PADA KURIKULUM K-13”. Universitas Indraprasta PGRI. Indonesian Journal Of Community Service. Volume 1 No 4 Desember 2021.

Linda Feni Haryati, dkk. “Menjawab Tantangan Era Society 5.0 melalui Inovasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”. Yogyakarta: UNY, 2022.

Manalu, Juliati Boang. Pernando Sitohang, Netty Heriwati Henrika Turnip. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar”. Universitas Negeri Medan. Prosiding Pendidikan Dasar. Vol: 1, No. 1, 2022.

Marisa, Mira. “INOVASI KURIKULUM “MERDEKA BELAJAR” DI ERA SOCIETY 5.0”. UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Sejarah, Pendidikan Dan Humaniora, Vol. 5, No.1 April 2021.

Mustafa, Pinton Setya. Wasis Djoko Dwiyogo, “Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. Universitas Negeri Malang. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan. Vol 3. No.2, 2020.

Najahah, Ulin Ni'mah Rodliya Ulfah. “INOVASI PENGEMBANGAN MATERI PELAJARAN BAHASA ASING TINGKAT MADRASAH TSANAWIYAH BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION”. Institut Agama Islam Negeri Kediri. Jurnal Al'adalah. Vol. 23. No.2, 2020.

Pat Kurniati, Andjela Lenora Kelmaskow, Ahmad Deing, Bonin, Bambang, Agus Haryanto. “Model Inovasi Kurikulum Merdeka Implikasinya Bagi Siswa Dan Guru Abad 21”. (STKIP Arrahmaniyah Depok, Indonesia). Jurnal Citizenship Virtues, Vol: 2, No. 2, 2022.

Poerwati, Loeloek Endah, Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013, (Jakarta: PT Prestasi Pustakarya, 2013).

Raikhan. “Inovasi dan Difusi Sistem Pendidikan Nasional; Studi Kasus Implementasi Kurikulum Nasional”, (Institut Agama Islam Tarbiyatut Tholabah Lamongan), 2019.

Riris Sugianto. “ANALISIS PERBANDINGAN KBK (KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI), KTSP (KURIKULUM BERBASIS SEKOLAH), DAN KURIKULUM 2013”. Universitas Teknologi Mataram. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, Vol: 2. No. 3, 2022.

Untsa, Ashfiyatul. Syaiful Qorib. “Penerapan Penilaian Authentik Dalam Kurikulum K-13 Pada Pembelajaran Tematik Di Min Sampang. Pascasarjana UIN Sunan Ampel. IQTISODINA: Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Islam. Vol. 4, No. 2, 2021.

Yudin Wahyudin, Dhian Nur Rahayu. “Analisis Metode Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: A Literature Review”. (STMIK Rosma). Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Vol: 15, No. 3, 2020.

Yusuf, Wiwin Fachrudin. “Implementasi Kurikulum 2013 (K-13) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar (SD). Universitas Yudharta Pasuruan. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3, No. 2, 2018.

Downloads

Published

2022-12-04

How to Cite

Konsep Model Inovasi Kurikulum KBK, KBM, KTSP, K13, dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). (2022). AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 93-114. https://doi.org/10.69900/ag.v2i2.80

Similar Articles

1-10 of 14

You may also start an advanced similarity search for this article.