Motivasi Belajar Fiqih Murid Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah

Authors

  • Ahyar Rasyidi STAI Al Jami
  • Muhammad Luthfi Ansyari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Jami Banjarmasin
  • H. Husna Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Jami Banjarmasin

Abstract

Penelitian ini berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Untuk perumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini membahas perihal motivasi belajar fiqih dan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar murid di Madrasah Ibtidaiyah Sungai baru Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Berdasarkan rumusan diatas, maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar fiqih dan apa-apa saja faktor-faktor yang mempegaruhi motivasi belajar fiqih untuk murid di Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin. Untuk informan didalam penelitian ini ada beberapa orang yaitu 1 orang guru mata pelajaran bidang studi fiqih, kepala sekolah dan beberapa murid kelas V pada tahun ajaran 2020/2021 di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin, untuk mengetahui sampai mana motivasi belajar murid dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan dapat mempengaruhi motivasi belajar murid di sekolah Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tegah Kota Banjarmasin. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Kemudian data tersebut di analisis penelitian deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa murid di Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin sebagian sudah memiliki motivasi dalam belajar fiqih dan sebagian lainnya masih kurang motivasi dalam belajar fiqih. Adapun faktor yang mempengaruhi motivasi pada murid tersebut terdapat dari diri sendiri, keluarga dan teman-teman nya, kemudian kendala peserta didik dalam belajar fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin disebabkan karena faktor fasilitas, lingkungan, pergaulan, dan bermain game sampai begadang dimalam hari sehingga membuat murid menjadi kurang termotivasi. Selain itu juga upaya guru dalam memotivsi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin sudah ada seperti pembelajaran yang baik seperti mempraktekkan dan menerangkan dengan sungguh-sungguh, peka dan mengerti terhadap murid, memberikan reward atau hadiah kecil dan hukuman lain sebagainya.

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Fiqih, Murid Madrasah Ibtidaiyah.

Additional Files

Published

2022-12-01

How to Cite

Rasyidi, A. ., Muhammad Luthfi Ansyari, & H. Husna. (2022). Motivasi Belajar Fiqih Murid Madrasah Ibtidaiyah Sungai Baru Kecamatan Banjarmasin Tengah. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(2), 14–28. Retrieved from https://jurnal.staialjami.ac.id/index.php/AL_GHAZALI/article/view/120